Sabtu, 13 April 2013

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTS 2013


KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013



1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs
KOMPETENSI

1 Membaca dan memahami berbagai
teks nonsastra (biografi, artikel,
berita, iklan, tabel/diagram, bagan,
grafik, peta, denah), berbagai karya
sastra (puisi, antologi puisi, cerpen,
buku kumpulan cerpen, cerita anak,
buku cerita anak, novel remaja, novel
angkatan 20 – 30-an, dan drama).


2. Menulis dan menyunting teks
nonsastra dengan menggunakan
kosakata yang bervariasi dan efektif
dalam bentuk buku harian, surat
pribadi, surat dinas, narasi dan pesan
singkat, laporan, pengumuman,
petunjuk, rangkuman, teks berita,
slogan/ poster, iklan, resensi dan
karangan, surat pembaca, teks pidato,
dan karya ilmiah; menulis teks sastra
dalam bentuk puisi, pantun, dongeng,
cerpen, dan drama.



INDIKATOR

1. Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.
Menentukan persamaan isi berita.
Menentukan perbedaan penyajian berita.
Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.
Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
Menyimpulkan isi paragraf.
Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah.
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita
anak.
Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.
Mengidentifikasi unsur intrinsik drama.


2. Menulis catatan pengalaman pada buku harian.
Menulis pesan singkat sesuai konteks.
Menulis laporan/pengumuman/resensi.
Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
Menulis rangkuman.
Menulis teks berita sesuai konteks.
Menulis slogan sesuai konteks.
Menulis iklan sesuai konteks.
Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
Menulis teks pidato.
Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya
ilmiah/daftar pustaka.
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
Melengkapi pantun.
Melengkapi puisi.
Melengkapi naskah drama.

2. BAHASA INGGRIS SMP/MTs
KOMPETENSI


1. READING (Membaca)
Memahami makna dalam wacana
tertulis pendek baik teks fungsional
maupun esai sederhana berbentuk
deskriptif (descriptive, procedure,
maupun report) dan naratif (narrative
dan recount) dalam konteks
kehidupan sehari-hari.



2. WRITING (Menulis)
Mengungkapkan makna secara tertulis
teks fungsional pendek dan esai
sederhana berbentuk deskriptif
(descriptive, procedure, maupun
report) dan naratif (narrative dan
recount) dalam konteks kehidupan
sehari-hari.


INDIKATOR

1. Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek
berbentuk caution/notice/warning, greeting card,
letter/e-mail, short message, advertisement,
announcement, invitation, schedule.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount.

Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk
narrative.

Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.


2. Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks
rumpang bentuk recount/narrative sederhana.
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks
rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana.
Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat
kalimat yang bermakna.


Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk
membuat paragraf yang padu dan bermakna.

3. MATEMATIKA SMP/MTs
KOMPETENSI


1. Menggunakan konsep operasi hitung
dan sifat-sifat bilangan, perbandingan,
bilangan berpangkat, bilangan akar,
aritmetika sosial, barisan bilangan,
serta penggunaannya dalam
pemecahan masalah.


2. Memahami operasi bentuk aljabar,
konsep persamaan dan
pertidaksamaan linier, persamaan
garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem
persamaan linier, serta
penggunaannya dalam pemecahan
masalah.

3. Memahami konsep kesebangunan,
sifat dan unsur bangun datar, serta
konsep hubungan antarsudut dan/atau
garis, serta menggunakannya dalam
pemecahan masalah.

Memahami sifat dan unsur bangun
ruang, dan menggunakannya dalam
pemecahan masalah.


4. Memahami konsep dalam statistika,
serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah.


5. Memahami konsep peluang suatu
kejadian serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah.


INDIKATOR

1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbandingan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
operasi bilangan berpangkat atau bentuk akar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana.








Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
barisan bilangan dan deret.

2. Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu
variabel.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
himpunan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
fungsi.
Menentukan gradien, persamaan garis, atau
grafiknya.


Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
sistem persamaan linier dua variabel.

3. sistem persamaan linier dua variabel.
Menyelesaikan masalah menggunakan teorema
Pythagoras.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas
bangun datar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
keliling bangun datar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kesebangunan atau kongruensi.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
hubungan dua garis: besar sudut (penyiku atau
pelurus).
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garisgaris
istimewa pada segitiga.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan
dua lingkaran.

Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
volume bangun ruang.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas
permukaan bangun ruang.

4. Menentukan ukuran pemusatan atau
menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
sehari-hari.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penyajian atau penafsiran data.

5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
peluang suatu kejadian.

4. ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs
KOMPETENSI


1. Melakukan pengukuran dasar secara
teliti dengan menggunakan alat ukur
yang sesuai dan sering digunakan
dalam kehidupan sehari-hari.


2. Menerapkan konsep zat dan kalor
serta kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari.



3. Mendeskripsikan dasar-dasar
mekanika (gerak, gaya, usaha, dan
energi) serta penerapan konsep
tekanan dalam kehidupan sehari-hari.


4. Memahami konsep-konsep dan
penerapan, getaran, gelombang,
bunyi, dan optik dalam produk
teknologi sehari-hari


5. Memahami konsep kelistrikan dan
kemagnetan serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.


6. Memahami sistem tata surya dan
proses yang terjadi didalamnya.


7 Mendeskripsikan konsep atom, ion
dan molekul dihubungkan dengan
produk kimia sehari-hari.

8. Memahami klasifikasi zat serta perubahannya.


9. Mendeskripsikan pemakaian bahan
kimia tertentu dalam kehidupan
sehari-hari.

10. Mendeskripsikan ciri-ciri dan








keanekaragaman makhluk hidup, serta
pentingnya pelestarian makhluk hidup
dalam kehidupan.


11. Mendeskripsikan komponen
ekosistem, interaksi antarmakhluk
hidup dalam lingkungan, serta peran
manusia dalam pengelolaan
lingkungan.


12. Menjelaskan sistem organ pada
manusia.


13. Menjelaskan sistem organ dalam
kehidupan tumbuhan


14. Mengaplikasikan konsep
pertumbuhan dan perkembangan,
kelangsungan hidup dan pewarisan
sifat pada organisme serta kaitannya
dengan lingkungan, teknologi dan
masyarakat.






INDIKATOR


1. Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan
satuannya atau penggunaan alat ukur dalam
kehidupan sehari-hari.

2. Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya
atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan konversi suhu pada termometer.

Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan
suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam
kehidupan sehari-hari.


3. Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum
Newton dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi .
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.




Menentukan besaran fisis yang terkait dengan
tekanan pada suatu zat.

4. Menentukan besaran fisis pada getaran atau
gelombang.
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.

Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang
berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan
alat optik dalam kehidupan sehari-hari.

5. Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan
kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam
suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm atau
Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis energi atau daya listrik
dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutubkutub
yang dihasilkan.

Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau
penerapannya pada transformator.

6. Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau
    peredaran bumi-bulan terhadap matahari.

7. Mendeskripsikan atom, ion, dan molekul serta
    hubungannya dengan produk kimia sehari-hari.


8. Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam.

    Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran
    termasuk rumus kimia




    Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat tertentu
    serta perubahannya.

9. Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat
    dalam beberapa produk kimia.
    Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat
    psikotropika serta cara menghindarinya.

10. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
      Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciricirinya.

11. Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
      Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi pencemaran/kerusakan lingkungan.

12. Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan
      penyakit yang berhubungan dengannya.
      Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan enzimenzim
      yang berperan pada proses pencernaan.
      Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan
      penyakit yang berhubungan dengannya.
      Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia
      dan penyakit yang berhubungan dengannya.
      Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi pada
      manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
      Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada
      manusia.






13. Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan (organ)
     pada tumbuhan.
     Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan
     terhadap pengaruh lingkungan luar.
     Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaanpercobaan
     tentang proses tersebut.

14. Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan seleksi
       alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
       Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan
       hukum Mendel.
       Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk
       kehidupan manusia.






0 comments:

Posting Komentar