Minggu, 29 Desember 2013

9 Tips Keamanan Untuk Melindungi Email dari Serangan Hacker

9 Tips Keamanan Untuk Melindungi
Email dari Serangan Hacker

Email memang merupakan sasaran empuk bagi para hacker, banyak cara dan trik bagi hacker untuk membobol email seseorang karena memang untuk membobol email tidak lah sulit. Namun untuk menghindari aksi hacker agar email kita tida menjadi korban berikut beberapa tips agar email aman dari serangan hacker.

1. Sebisa mungkin saat mengkonfigurasi koneksi internet usahakan selalu menggunakan HTTPS. HTTPS muncul sebelum tanda "www".

2. Jangan membuka email yang tidak di kenal (asing), bukalah email dari seseorang yang anda kenali, jika menyadari email itu mencurigakan maka secepatnya untuk di hapus, jangan sekali pun untuk klik link apapun dalam pesan. Jika di klik bisa saja komputer terinfeksi phising Scam untuk mencuri data anda.
 

3. Pasang anti-virus, anti-spyware dan firewall pada komputer dan terus update dengan versi terbaru.

4. Jangan sembarangan login ke account Anda dari jaringan komputer yang tidak terpercaya (misalnya, di warung kopi, perpustakaan).

5. Pastikan password Anda ditambah pertanyaan keamanan dan jawaban yang kuat.Setiap enam bulan sekali ubahlah password Anda. Jangan pernah menggunakan password yang sama untuk account yang berbeda. Sandi yang kuat memiliki huruf huruf besar dan kecil ditambah angka dan tanda baca.

6. Cari tahu seberapa aman password Anda.
 

7. Jangan mencoba membuat password yang umum seperti "123456..." atau "abcd" dan lainnya.

8. Gunakan password manager. Layanan ini dapat mempermudah pengguna agar tidak log-in secara berulang.

9. Gunakan perangkat lunak jaringan virtual private untuk mengenkripsi komunikasi nirkabel. Sebuah virtual private network (VPN) adalah jaringan yang dibentuk untuk berkomunikasi secara pribadi melalui jaringan publik.

0 comments:

Posting Komentar